Followers

Advertisement (468 x 60px )

Latest News

Minggu, 25 Desember 2011

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ASPEK HIGIENE DAN SANITASI (BAGIAN III - PENGAMANAN AIR MINUM RUMAH TANGGA)


PERILAKU
HIDUP BERSIH DAN SEHAT ASPEK
HIGIENE DAN SANITASI

BAGIAN III
PENGAMANAN AIR MINUM RUMAH TANGGA



Mengapa perlu air bersih

Air  merupakan  kebutuhan  dasar  yang  dipergunakan  sehari-hari  untuk  minum, mandi, cuci, dan keperluan lainnya. Bila kita tidak menggunakan air yang bersih.

Air  banyak  dijumpai  di  alam,  dan  merupakan  benda  social  yang melimpah  ruah seperti kita lihat di laut, sungai, danau dan lain-lain. Namun demikian air yang bersih yang sehat merupakan benda konomi, yang kini susah untuk  diperoleh  bagi masyarakat.

Air   merupakan     suatu   unsure   yang   sangat   penting   dalam   aspek   kesehatan masyarakat,  dimana  air  dapat  menjadi  sumber  dan  tempat  perindukan  dan  media kehidupan  bibit  penyakit.  Banyak  penyakit  yang  tterkait  dengan  air,  baik  air  kotor dan bahkan juga air yang bersih secara fisik, seperti diare, demam berdarah, dll

Air dialam akan digunakan sebagai sumber air baku air minum bagi masyarakat. Air yang   tercemar   akan   menyebabkan   susah   dalam   pengolahanya,   memerlukan teknologi yang kadang-kadang canggih. Untuk  itu  air  dialam  harus  dipelihara, dan diccegah dari pencemaran.

Apa syarat air bersih

Air bersih dan air minum harus memenuhi syarat kesehatan, baik syarat fisik, biologi maupun kimiawi.

Syarat fisik dapat dibedakan melalui inder kita, seperti dapat dilihat, dirasa, dicium, diraba. Secara fisik air  harus memenuhi syarat sbbi:
·    air tidak berwarna, bening/jernih
·    air tidak keruh, bebas dari lumpur, sampah, busa, dll
·    air tidak berasa, tidak rasa asin, tidak rasa asam, tidak payau
·    air tidak bberbau, tidak bau amis, anyir, busuk, tdak bau belerang, dll

Apa manfaat air

Air  yang  bersih  dan  sehat,  akan  memberi  menfaat  bagi  kesehatan  masyarakat, seprti  terhindar  dari  gangguan  penyakit  diare,  cholera,  disentri,  thypus,  penyakit kulit,  dll  Disamping  dari  aspek  penyakit,  air  juga  sangat  penting  untuk  aspek kebersihan diri, atau hygiene perorangan.

Dari sumber air bersih dapat diperoleh

Air bersih untuk kebutuhan dapat diperoleh dari berbagai sumber. Namun seringkali sumber  air  bersih  jauh  dari  lokasi  tempat  tinggal  suatu  kelompok  masyarakat, sehingga sulit dan membutuhkan tenaga dan biaya untuk mendapatkannya.

Sumber-sumber air tersebut adalah:
·    mata air
·    air sumur (bias sumur dalam atau sumur dangkal)
·    air ledeng atau perusaahan air minum
·    air hujan
·    air dalam kemasan



Bagaimana menjaga sumber air bersih

·   Sumber mata air harus dilindungi dari bahan pencemar, baik cemaran fisik, cemaran biologi maupun cemaran kimiawi
·   Sumur gali, sumur pompa, kran-kran umum dan juga mata air harus dijaga bangunannya agar tidak rusak, seperti lantai sumur tidak boleh retak, tidak
rusak, bibir sumur diplester, dll
·   Lingkungan sumber air harus dijaga kebersihannya, seprti tidak boleh untuk tempat pembuangan sampah, tidak ada genangan air, dll
·   Gayung,  timba,  dan  ember  pengambil  air  harus  dijaga  tetap  bersih,  tidak diletakan di lantai.
·   Jarak  sumber  air  (missal  sumur)  tidak  boleh  berdekatan  dengan  tangki jamban keluarga, tidak boleh ada berdekatan dengan kandang ternak.
·   Dan lain-lain

Bagaimana menjaga air minum yang ada di rumah supaya sehat

Meskipun  air  terlihat  bersih,  namun  air  tersebut  belum  tentu  bebas  dari  kuman penyakit. Untuk itu air harus direbus dulu sampai mendidih, karena kuman akan mati ppada suhu 100 derjat C (saat air ,mendidih).

Disamping cara tersebut diatas, ada beberapa cara untuk membunuh kuman dalam air,  misal  derngan  member  bahan-bahan  kimia  terbatas  yang  sudah  dinyatakan aman bagi kesehatan (misal air rahmat, sodis, dll)

Apa peran kader

·    Melakukan  pendataan  rumah  tangga  mana  yang  sudah  dan  yang  belum memiliki ketersedian air bersih/air minum di rumahnya

·    Bersama    dengan   tokoh    masyarakat/pemerintah   desa,    berusaha   untuk mencari sumber air, berupaya mencari jalan kemudahan n=bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih bagi lingkungannya
·    Membentk   kelompok   pemakai   air   (pokmair   misalnay)   untuk   mengawasi sumber  air,  memelihara  saluran  air  dan  memperbaiki  kerusakan  bilamana terjadi
·    Menggalang pihak lain, termasuk dunia usaha untuk member bantuan dalam penyedian air bersih dan air minum
·    Memanfaatkan   setiap   kesemapatan   untuk   memberi   penyuluhan   kepada masyarakat  tentang  hidup  bersih  dan  sehat  ,  tentang  air  yang  sehat  bagi masyarakat, dll.

Sumber : Pamsimas

Tidak ada komentar:

Anda Pengunjung Ke :