Followers

Advertisement (468 x 60px )

Latest News

Minggu, 29 Agustus 2010

TIPS MUDIK SEHAT....

Background

Tips Mudik Sehat

By: Ahmad Kholid


Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Berikut ini beberapa Tips melakukan perjalanan sehat saat mudik:

A. PERSIAPAN

  • Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat.

  • Jangan melakukan perjalanan dalam keadaan lapar, sebisa mungkin makan dulu sebelum berangkat.

  • Jangan memakai baju yang ketat, pakailah baju yang agak longgar.

  • Sehari sebelum mudik, usahakan mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak unsur Karbohidrat dan Protein yang merupakan sumber tenaga.

  • Siapkan bekal makanan yang tahan lama, minuman manis yang selalu hangat.

  • Tanggulangi terlebih dahulu penyakit ringan, bawalah obat-obatan seperlunya.


B. PERJALANAN

  • Usahakan jangan merokok, karena dapat menyebabkan kekurangan Oksigen.

  • Hindari Alkohol untuk mencegah dehidrasi.

  • Perbanyak minum air putih.

  • Gerakkan otot betis dan kaki secara teratur, kencangkan dan kendurkan, otot-otot pantat dan perut untuk mendorong darah kembali ke jantung.

  • Angkatlah kedua tumit, bola kaki tetap berada di lantai, kemudian kembali ke posisi semula.

  • Kedua tumit tetap tinggal di lantai, angkat kedua bola kaki, kembalikan ke posisi awal.

  • Luruskan kaki sejauh ruangan yang ada dan memungkinkan.

  • Kencangkan otot-otot paha bagian depan, tahan selama 2-3 detik, lalu kembali ke posisi awal.

  • Tekankan kedua otot betis Anda ke tempat duduk bagian depan, kencangkan otot-otot di bagian belakang dari paha, tahan 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi awal.

  • Usahakan pinggang Anda ditekankan dengan kuat pada tempat duduk, tariklah otot-otot perut ke dalam, tahan selama 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi awal.

  • Tekankan otot-otot pantat sekuat yang Anda mampu pada tempat duduk selama 2-3 detik, kemudian kembali ke posisi awal.

  • Geser berat badan dari kanan ke kiri dari pantat Anda, ayunkan ke belakang dan ke depan selama 5-10 detik.

  • Gerakkan pinggang ke depan sehingga terjadi lengkungan pada pinggang.

  • Tekankan pinggang ke tempat duduk dan pinggul didorong ke depan.



C. PENGEMUDI

   

  • Jangan paksakan menyetir saat mata terasa lelah.

  • Bila merasa capai, cari tempat untuk memarkir kendaraan dan istirahatlah.

  • Usahakan tidur minimal 15 menit.

  • Iringi selama perjalanan dengan musik.

  • Banyak minum air putih dan usahakan jangan merokok.


D. MUDIK BERSAMA BAYI

  • Sebelum berangkat, periksakan konsisi bayi Anda ke dokter.

  • Pastikan kondisi bayi Anda siap untuk melakukan perjalanan jauh.

  • Mintalah saran dokter, obat apa yang harus dipersiapkan bagi bayi Anda.

  • Selama perjalanan, sebaiknya bayi jangan dipangku terus.

  • Jaga badannya agar tetap kering.


Mudik sehat, Lebaran sehat, kita bisa bergembira berkumpul bersama keluarga menyambut hari yang penuh pengampunan.



Met Mudik….Met Lebaran

By : masmamad.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Anda Pengunjung Ke :