Followers

Advertisement (468 x 60px )

Latest News

Senin, 31 Oktober 2011

MASALAH REMAJA, PERGAULAN BEBAS & PENYALAHGUNAAN NARKOBA



Menurut perkembangan sejarah, manusia tidak pernah berhenti dari kesibukannya, dari pagi sampai malam anak-anak, orang-orang dewasa dan orang-orang tua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Kenyataan menunjukan bahwa masyarakat mengalami perubahan sosial yang sangat cepat, maju dan memperlihatkan gejala disintegratif, yang meliputi berbagai bidang kehidupan, dan erupakan masalah bagi semua institusi sosial. Seperti : industri, agama, perkumpulan pemerintahan, keluarga, perkumpulan-perkumpulan dan pendidikan. Masalah sosial dalam masyarakat itu juga dirasakan oleh dunia pendidikan.

Kenakalan remaja merupakan salah satu bentuk masalah sosial dalam masyarakat. Oleh karena itu, penulis mengambil “Gejala Kenakalan Remaja”. Remaja adalah usia yang dipenuhi dengan semangat yang sangat tinggi tetapi adakalanya semangat tersebut mengarah ke yang bersifat negatif sehingga sering disebut dengan kenakalan remaja. Ada banyak contoh kenakalan remaja terutama saat ini dimana kenakalan remaja tersebut sangat banyak di pengaruhi oleh faktor - faktor eksternal. Wujud kenakalan remaja ini berujung pada penyalahgunaan narkoba, sex bebas, perkelahian pelajar. Selain hal tersebut kenakalan remaja berkontribusi besar terhadap peningkatan angka kejadian HIV / AIDS, abortus, kriminalitas dan lain sebagainya.

BKKBN menyebutkan bahwa Data gaya hidup "sex pranikah" ini sekaligus mengkonfirmasikan data dari departemen kesehatan per September 2008. Data menyebutkan, dari 15.210 penderita AIDS atau orang yang hidup dengan HIV/AIDS 54 % adalah remaja. Bentuk kenakalan lainnya yang sangat berkaitan dengan kenakalan remaja merupakan Narkoba, hasil survei Badan Narkotika Nasional (BNN) (2010) menunjukkan, prevalensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar mencapai 4,7 persen dari jumlah pelajar dan mahasiswa atau sekitar 921.695 orang. Data BNP Provinsi Jawa Tengah (2010) menjelaskan bahwa Jawa Tengah menduduki peringkat 26 dari seluruh Provinsi di Indonesia sebanyak 1038 pengguna narkoba.

Kenakalan pada remaja ini merupakan permasalahan besar yang sangat perlu diperhatikan, dan hal ini merupakan tantangan dan tanggung jawab bagi kita semua demi meningkatkan kualitas dan kwantitas remaja. Dengan meningkatnya kwalitas remaja dapat meningkatkan kwalitas Bangsa dan Negara dalam mewujudkan Bangsa yang bermoral dan martabat. Untuk itu kiranya perlu kita bersama – sama berupaya secara preventif - promotif dan rehabilitative terhadap masalah kenakalan remaja – pergaulan bebas – dan penyalahgunaan narkoba.

Untuk lebih lengkap baca materi tersebut diatas, 
silahkan pilih & download gratis link dibawah ini....
semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Anda Pengunjung Ke :